Selasa, 19 April 2016

Mengapa Android Booming dan Menggusur Mbahnya Andorid (Symbian)







Ini beberapa asumsi ane aja gan, mengapa Android bisa booming padahal sebelumnya pasar ponsel dirajai oleh Symbian.

1. Android is open source system

Sistem open source yang diusung android memungkinkan semua pihak developer untuk mengembangkan atau sekedar kustomisasi. Sistem ini juga ramah kepada pengembang aplikasi yang bisa bebas menjual atau menawarkan aplikasinya di Google Play. hal ini yang menyebabkan betapa banyaknya aplikasi android bermunculan hanya dalam rentang waktu yang pendek.
Bandingkan dengan Symbian atau IOS yang limited system. hal ini membuat pengembang memiliki beberapa keterbatasan ssehingga keinginan untuk membuat aplikasi yang bagus terhambat oleh keterbatasan sistem. Limited system ini tidak menyediakan update sehingga apabila pengguna ingin menikmati sistem baru harus membeli HP baru yang support. Symbian baru sudah mencoba menawarkan Symbian Anna, Belle yang memungkinkan update hanya saja waktunya kurang tepat ketika pasar Android sudah merajai


2. Pengguna hanya membayar harga Handheld bukan System.

Dengan tidak adanya biasa software, harga yang dibayar konsumen cuma harga pokok produksi, hal tersebut dapat dilihat dengan banyaknya vendor lokal yang menwarkan handphone dengan kualisat hardware yang menggiurkan. Sisi positifnya adalah membuat perkembangan hardware melesat cepat. contohnya adalah layar yang kini sudah HD, layar sentuh dengan sensor air gesture dsb.
Bandingkan dengan harga n*kia dulu yang "relatif mahal" dibanding dengan handphone lainnya. Dulu memang n*kia dengan spek hardware yang sama harganya lebih mahal dibanding vendor lain. namun, secara software dan fitur, N*kia lebih baik. Contoh: jaman ane SMA gan beli SE tu kamera udah 2 MP, Flash padahal dengan harga yang sama baru bisa beli Nokia kamera 1.3 MP biasa.


3. User, terutama di Indonesia lebih mementingkan fitur hiburan dibanding kemudahan dalam berkomunikasi.

Inilah alasan mengapa android lebih digemari. terkait dengan alasan pertama ane gan sekarang kita liat, betapa banyak handphone digunakan sebagai mainan. dibanding alat berkomunikasi. itulah mengapa banyak developer menyerbu app store dengan beraneka aplikasi entertainment.
bandingkan dengan symbian dahulu dimana setiap perkembangannya hanya menambahkan fitur komunikasi yang baru, mulai dari hanya telepon dan SMS, limited MMS, MMS yang baru, membuka email dsb. sementara untuk hiburan symbian membuat sistem symbian versi tersendiri seperti yang ditanamkan di N-Gage.
User akan kerepotan ketika membutuhkan tidak hanya fitur komunikasi tetapi juga fitur hiburan. sehingga user berlari ke android


4. Bentuk yang simpel


               contoh gambar untuk android                                        contoh gambar untuk symbian

Kebanyakan HP android bentuknya futuristik dan simpel sehingga sekilas tidak akan kelihatan bedanya mana HP branded mana HP vendor lokal. Ane pernah nyoba cross A7 gan. tulisan cross nya dibelakang, ketutup hardcase bawaan pula. waktu dipake pada kagak tau itu HP harga berapaan. .
Bandingkan dengan symbian yang bentuknya kebanyakan unik, dan kadang merepotkan untuk dibawa.


Sebenernya masih banyak yang ane bandingin tapi saya rasa sekian dulu.  teringat sama Nokia yang ane impikan dulu.


Sumur : Pendapat pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar