Rabu, 20 April 2016

Berbagai Macam Sensor Pada Android (Dan Smartphone lainnya)


=Welcome To My Blog=



Berbagai Macam Sensor Pada Android



                           =Sensor-Sensor Yang Ada Di Android=


1. Accelerometer Sensor
Berfungsi untuk mengidentifikasi ketepatan arah sebuah perangkat. Sensor ini diperlukan pada beberapa game seperti Asphalt, Raging Thunder,Game Er*ge , dll yang mana berkat adanya sensor ini kita cukup memiringkan handphone saat kita mau belok kanan atau kiri. Kepalanya gausah di miringin juga yah gan


                 


2. Orientation Sensor
Sensor ini berfungsi untuk mengetahui orientasi ponsel dan mendeteksi posisi dari smartphone apakah dalam mode landscape atau portrait (atau mode tegang ). Sensor ini digunakan untuk rotate layar secara otomatis.



3. Proximity Sensor
Berfungsi untuk mendeteksi keberadaan suatu objek tanpa kontak fisik dalam jarak tertentu. Sensor ini berperan ketika saat ada panggilan. agan pernah gak, pas nelpon layarnya mati sendiri?  Ya, itulah kerja Proximity Sensor. Ketika menelpon, tentu Smartphone Android kita akan kita tempel ke telinga kan? nah kalo masih on layarnya bisa-bisa salah (pegang, eh ) pencet kena pipi sama telinga kita gan.
            


4. Ambient Light Sensor
Berfungsi untuk mendeteksi intensitas cahaya / kuat penerangan di sekitar smartphone. Berperan dalam perubahan Brightness/kecerahan layar. Berkat sensor ini jika agan ada di luar rumah dibawah sinar matahari, maka otomatis layar akan meningkatkan brightnessnya full supaya layar tetep keliatan sama agan, Jika agan didalam rumah/di malam hari atau didalam lemari (ngapain tuh? ) ,maka layar akan menurunkan brightnessnya agar lebih hemat daya dan tidak menyilaukan mata.



5. Gyroscope Sensor
Berfungsi untuk mendeteksi sudut kemiringan dan mengukur kecepatan sudut yang umumnya diperlukan dalam navigasi. Gyro Sensor agak mirip dengan Accelerometer Sensor (cie mirip ). Yang membedakan yakni Accelerometer dipengaruhi oleh gravitasi, sementara itu Gyro Sensor tidak dipengaruhi oleh gravitasi. Gyro Sensor mampu mendeteksi arah atas, bawah, kiri, kanan, maju, mundur, gerakan rotasi, roll, pitch, yaw (kayang, jungkir balik, dan nyungsep )




6. Compass Sensor
Berfungsi untuk menentukan arah mata angin. maka agan tidak perlu khawatir akan tersesat di perjalanan, hutan, daerah lainnya.(ataupun hatinya doi )




7. Magnetometer Sensor
Berfungsi untuk mendeteksi adanya medan magnet dan mengukur besarnya intensitas medan magnetik di sekitar Smartphone. Dengan adanya sensor ini, agan bisa mengetahui benda manakah yang memancarkan medan magnet kuat, lemah, atau tidak.


8. Barometer Sensor
Berfungsi untuk mengukur tekanan udara. Sensor ini diperlukan dalam navigasi, misal agan berpetualang ke (hatinya doi ) daerah tertentu, maka dengan sensor ini, agan bisa mengetahui tekanan(cinta ) udara di daerah yang agan kunjungi. Sensor ini juga dapat memperkirakan cuaca apakah akan/sedang baik atau buruk.




9. Temperature Sensor
Sesuai dengan namanya, sensor ini berfungsi untuk mengukur suhu temperatur smartphone. bukan buat ngukur panas air di panci ya gan  nah berkat sensor ini agan jadi tau kalo hp agan udah kepanasan dan butuh (minum ) istirahat gan maksudnya. Biasanya panas ini ditimbulkan oleh baterai ponsel karena aktifitas gadget yang berlebihan, misal mencharge sambil memain game atau berinternet ria. Pada beberapa gadget tertentu, sensor ini juga bisa mendeteksi suhu lingkungan sekitar.


10. Sound Sensor
Berfungsi untuk mengukur taraf intensitas / kadar bunyi di sekitar smartphone. Bermanfaat ketika sedang menelepon atau menerima panggilan di tempat yang bising / ramai, karena sensor ini akan mengukur tingkat bunyi atau kebisingan disekitarnya lalu menyesuaikan volume dari speaker atau mic.


11. Humidity Sensor
Berfungsi untuk mengukur kelembaban relatif. Bermanfaat untuk menghitung kelembaban rumah, menghitung kelembaban udara dan tanah yang cocok untuk tanaman, menghitung kelembaban kandang peliharaan agan, atau kelembaban anu agan (anu yg mana neh )


12. Fingerprint Sensor
Fiingerprint Sensor merupakan sensor sidik jari yang memberikan keamanan tinggi dalam kepraktisan. Fingerprint sensor digunakan untuk membuka lockscreen, mengakses aplikasi tertentu, membuka kunci, dan perintah-perintah lainnya hanya dengan menempelkan jari(peliharaannya agan) pemiliknya ke sensor ini. Sensor ini ada pada Motorola ATRIX 4G, Samsung Galaxy S5, Samsung Galaxy Note 4, iPhone 5S, 6, 6 Plus, HTC One Max; Philips i966 Aurora, Huawei Ascend Mate 7


13. Gesture Sensor
Fungsinya adalah mengenali gerakan tangan dengan mendeteksi sinar inframerah yang dipantulkan dari telapak tangan agan dan mengukur perubahan arus listrik ketika jari agan berada di jarak yang dekat dengan layar. Dengan sensor ini, agan bisa melakukan scrolling atau perintah lainnya pada smartphone dengan menyapukan tangan di atas layar tanpa menyentuhnya. agan juga bisa dianggap orang sedeng kalo makainya di keramaian



14. Heart Rate Sensor
Berfungsi untuk menghitung jumlah denyut jantung. Sensor ini ada pada Galaxy S5 dan Galaxy Note 4, agan hanya perlu menekan lembut(ceileh bahasanya ) jari agan terhadap sensor detak jantung yang terletak di bagian bawah kamera pada body belakang smartphone. Dengan sensor ini agan bisa memantau informasi fisik dan kesehatan agan dengan didukung (pak RT dan kecamatan setempat ) aplikasi S-Health.

        


15. Hall Sensor
Sensor ini bertujuan untuk mendeteksi apakah penutup depan aksesori smartphone (misal : Flip Cover) menutupi layar atau tidak. Bila cover tertutup, maka layar smartphone akan berubah ke mode sederhana (pada Samsung, disebut mode S-View) yang bisa dilihat melalui jendela/kaca flip cover.(hp ane yang ada sensor ini rusak gan ) btw di laptop juga make ini gan



16. Pulse Oximetry Sensor
Pulse Oximetry Sensor (SpO2) adalah sensor yang mengukur saturasi oksigen tubuh dan mengukur jumlah oksigen yang dibawa oleh sel-sel darah merah. Dengan sensor SpO2 ini agan bisa tahu seberapa efektif agan bernapas dan seberapa baik darah yang sedang diangkut ke seluruh tubuh. Sensor ini ada pada Galaxy Note 4. lumayan bisa buat sok-sokan jadi dokter gan


17. UV Sensor
UV Sensor akan bekerja jika kita berada di luar ruangan dan dibawah teriknya sinar matahari. Sensor ini akan mengukur intensitas radiasi ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari. Sehingga dengan adanya sensor ini, agan bisa tahu apakah sinar matahari di luar dapat merusak kulit (membuat kulit menjadi gelap / teriritasi) atau tidak.




18. Pedometer Sensor
Pedometer atau Penghitung langkah adalah sebuat alat yang menghitung setiap langkah seseorangdengan mendeteksi gerakan pinggul dari orang tersebut.Nah biasanya juga ada opsinya nih gan, bisa km bisa mil (bisa juga kmu hamil, eh ) biasanya kan ada tuh aplikasnya kayak R*ntastic.



19. 3D Touch Sensor
3D Touch Sensor atau nama lainnya Force Touch Sensor itu buat ngedeteksi sekuat apa kita nekan layarnya (kurang lebih gitu deh TS nangkepnya, kalo salah tolong koreksi ya ) nah sensor ini adanya di apple watch sama iphone 6s sama iphone 6s plus gan




20. Iris Scanner Sensor
Iris/Retina Scanner itu menggunakan teknologi Biometric yg fungsinya untuk ngedeteksi selaput mata kita gan, contohnya udah kayak yang di pilem-pilem mamarika deh gan  teknologinya masih baru gan. oh iya, jangan make kacamata item pas digunain gan! selain ngga kedeteksi, nanti bisa dibilang tukang urut gan






=Aplikasi Untuk Cek=
nah untuk agan yg mau cek di ponselnya ada tu sensor atau ngga bisa cek make
aplikasi namanya Android Sensor Box
PlayStore
Berbagai Macam Sensor Pada Android


Nah ini salah satu perbandingannya gan

Berbagai Macam Sensor Pada Android


=Sekian Terima Kasih=


Sumur : SumberSumberSumber, Google,Wiki


1 komentar: